Selasa, 04 Desember 2012

Ban Bagus, Mobil Makin Irit BBM 7 Persen

 
Sudah jamak diketahui kalau tekanan ban yang pas membantu konsum BBM mobil tidak terlalu besar. Karenanya pabrikan mobil pun kini mengalihkan perhatian mereka pada si karet bundar.


Salah satunya General Motors. Bahkan untuk mengembangkan ban yang irit BBM, GM sampai mengeluarkan kocek senilai US$ 5 juta untuk membangun sebuah fasilitas pengujian ban yakni National Tire Research Center di Halifax.

Di fasilitas ini insinyur berupaya untuk memperbaiki desain ban. Soalnya desain ban yang bagus diperkirakan sanggup mengurangi konsumsi mobil sampai 7 persen.

Konsumsi BBM mobil yang bagus tergantung pada ketahanan putaran atau rolling resistance dari si ban.

Faktor-faktor yang mempengaruhi rolling resistance dari sebuah ban adalah kembang, kontruksi ban, kualitas material dan teknik pembuatan ban. Makin rendah rolling resistance, maka makin sedikit bahan bakar yang dibutuhkan mobil untuk melaju.

"Proyek yang kami sedang lakukan di Pusat Penelitian Ban Nasional akan memiliki dampak yang besar pada seberapa cepat teknologi ban akan dikembangkan," ujar Executive Director Global Vehile Performance and Safety General Motors Ken Morris.

Untuk membuat ban yang irit BBM, fasilitas ini memiliki alat yang dinamai Flat-Trac LTRe. Motornya sanggup membuat berputar dengan kecepatan maksimal 200 mil per jam.

Data-data seperti handling, ride, torque, dan pengereman akan dikumpulkan untuk menciptakan ban-ban yang lebih baik.
 
sumber: http://oto.detik.com/read/2012/12/04/143410/2109026/1207/ban-bagus-mobil-makin-irit-bbm-7-persen?o991101638
Bagikan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share