Selasa, 07 Agustus 2012

Penting, Periksa Sistem Kelistrikan Mobil

JAKARTA – Perjalanan mudik biasanya menempuh ratusan kilometer. Apabila menggunakan mobil pribadi, perjalanan mudik membutuhkan kendaraan dalam kondisi prima.
Kondisi kendaraan yang prima bukan hanya soal mesin. Beberapa komponen krusial lainnya juga perlu diperiksa, seperti pada sistem kelistrikan mobil. Pasalnya, komponen elektrik adalah hal primer wajib, yang sangat dibutuhkan kendaraan.


Pemeriksaan bisa dimulai dari baterai atau accu. Accu atau lazim disebut aki tersedia dalam dua jenis, yakni aki kering dan aki basah. Sekarang ini, banyak mobil yang sudah mengadopsi sistem aki kering, yang memang gampang perawatannya.

“Harus dicek kekuatan aki, pada aki kering tertera ada tanggal pemasangan awal. Usia pakai aki biasa mencapai umur aman sekitar dua tahun pemakaian. Cek di tanda tanggal pemasangan, apakah usia aki mobil memang sudah uzur,” jelas Eko Budiman, mekanik di bengkel bilangan Serpong saat berbincang dengan Okezone.

“Setelah aki, lalu cek dynamo amper, kelengkapan lampu-lampu seperti lampu utama, lampu rem, lampu sein, lampu darurat. Kelengkapan lampu mobil adalah dasar dalam berkendara karena lampu adalah alat komunikasi kendaraan selain klakson,” lanjutnya.

Apabila sistem kelistrikan sudah dirasa cukup mumpuni, Anda bisa melakukan perjalanan mudik dengan tenang. Untuk jaga-jaga, lengkapi kendaraan Anda dengan alat charge aki, yang saat ini sudah banyak dijual.

sumber:
http://autos.okezone.com/read/2012/08/04/87/673181/penting-periksa-sistem-kelistrikan-mobil
Bagikan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share