Selasa, 12 Juni 2012

Fungsi Cruise Control pada Mobil

TEKNOLOGI pada kendaraan bermotor saat ini sudah semakin berkembang pesat. Teknologi tersebut dihadirkan guna memudahkan pengemudi dalam berkendara.

Salah satunya adalah fitur cruise control. Fitur cruise control ini merupakan sistem elektrik yang berguna menjaga kecepatan kendaraan secara konstan. Ini membantu pengemudi menjaga kecepatan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara jarak jauh.

Kendaraan yang disematkan fitur cruise control ini biasanya kendaraan dengan segmen menengah ke atas. Tombol cruise control umumnya ada di batang kemudi, atau berupa tuas di bawah kemudi.

Bila pengendara berada di kecepatan 80 km/jam pada jalan bebas hambatan, dengan menghidupkan sistem cruise control kendaraan akan dengan otomatis berjalan secara konstan di kecepatan 80 km/jam.

"Intinya cruise control itu agar kendaraan bisa flat menjaga kecepatan yang diinginkan. Ini berguna di jalan bebas hambatan dengan kepadatan lalu lintas yang sedang," jelas GM Technical Service Division PT TAM, Dadi Handriadi, kepada Okezone, Senin (21/5/2012).

Dadi menjelaskan, fitur cruise control bisa membuat penggunaan konsumsi bahan bakar semakin efisien karena putaran mesin yang stabil.

"Sebenarnya sistem ini bisa membantu pengendara dalam menjaga kecepatan dan juga konsumsi bahan bakar yang bisa lebih efisien. Saat berada di kecepatan 100 km/jam, aktifkan sistem ini, maka mobil akan tetap berada di kecepatan tersebut," lanjut pria ramah penggemar aliran musik rock progresif ini.

Dengan hanya menginjak pedal rem atau pedal gas, maka aktivasi sistem cruise control akan dibatalkan dan modus berkendara menjadi normal kembali. Cruise control bekerja dengan membaca sensor kendaraan yang biasanya terdapat di driveshaftlas kopel, speedometer dan sensor di takometer.

Varian Toyota yang sudah menggunakan sistem cruise control adalah Toyota camry 2,5 HV dan 2,5 V dan Toyota Corolla terbaru.
 
sumber : http://autos.okezone.com/read/2012/05/21/424/632671/mengenal-fungsi-cruise-control-pada-mobil
Bagikan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share